Select Page

Punya Mebel Plywood Dirumah? Begini Cara Memperkuat & Merawat Plywood

by | Feb 14, 2020 | news

Plywood atau kayu lapis merupakan salah satu bahan baku yang sering digunakan untuk membuat furniture dan bahan bangunan. Bahannya ringan, kuat, dan memiliki kelenturan sehingga dapat ditekuk. Tekukan yang dihasilkan pun sangat baik dan sangat unik, hal ini sangat cocok dengan kebutuhan pasar yang membutuhkan bahan atau material dengan karakter demikian. Oleh karena itu, banyak pengrajin furniture memfavoritkan karena kelebihan yang dimiliki plywood.

Seperti bahan material olahan kayu lainnya, bahan ini pun juga dapat lapuk, apalagi jika ditempatkan di luar ruangan (outdoor). Terpaan udara, hujan, dan panas matahari dapat merusak struktur plywood, sehingga kayu lapis pun akan rusak dan tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, plywood juga perlu perawatan atau perlakuan dalam penyimpanannya. Selain mencegah terjadi rusaknya struktur kayu, penyimpanan dan perlakuan ini bisa menjaga furniture tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kayu lapis sehingga tidak mudah merusak struktur, apalagi lapuk dan rusak. Dibawah ini merupakan tata cara merawat yang dapat anda lakukan untuk memperkuat dan meningkatkan ketahanan atau umur plywood.

1. Posisikan di tempat yang ideal

Ideal yang dimaksud adalah tidak terlalu panas ataupun dingin. Tempat tersebut juga harus kering, tidak lembab ataupun basah. Dengan penempatan tersebut, plywood atau kayu lapis diharapkan mampu bertahan lama dan tidak mudah rusak.

2. Hindari Air

Seperti material yang terbuat dari kayu, air adalah bahan yang mampu merusak struktur kayu, jika ini terus menerus terkena air maka struktur plywood akan mengelupas, cepat lapuk, rusak dan tidak tahan lama. Maka dari itu, sebaiknya bahan ini ditempatkan di tempat yang jauh dari  kelembaban,genangan air atau sumber air.

3. Berikan jarak furniture dari dinding (terlebih pada dinding lembab)

Pada saat akan meletakkan furniture yang menggunakan bahan plywood, berikan jarak sekitar 5-10 cm dari dinding ( jangan menempel terlalu dekat pada dinding ) Furniture yang terlalu menempel dinding akan terkena kelembaban dinding sehingga merangsang pertumbuhan jamur pada plywood, sehingga menjadi lapuk dan merusak strukturnya.

4. Bersihkan minimal sebulan sekali.

Jangan biarkan tumpukan debu menumpuk di permukaan furniture, karena debu dapat membuat furniture plywood menjadi noda membandel. Bersihkan mebel-mebel Anda minimal sebulan sekali

Demikian beberapa cara dan tips merawat plywood atau kayu lapis. Dengan menerapkan tips dan cara di atas, diharapkan furniture yang berbahan plywood menjadi lebih kuat, tahan lama, dan pastinya tidak mudah rusak atau pun lapuk.